[Science Corner April-Mei 2017] Cara Menemukan Ide untuk Menulis

Oleh: Erza Pinayungan

 

Kamu Kesulitan Mencari Ide untuk Menulis?
INI CARANYA !

Pada dasarnya, tahapan menulis ilmiah yang paling sulit adalah mencari ide. Ketika kita sudah menemukan ide, maka tahapan selanjutnya adalah mencari informasi terkait ide tersebut dan menyusunnya menjadi suatu karya tulis ilmiah. Lalu bagaimana cara yang dapat mempermudah kita untuk menemukan ide menulis? Berikut akan dipaparkan beberapa cara yang dapat membantu teman-teman dalam menemukan ide menulis.

1. Be Challenged and Be Curious
Seseorang yang selalu merasa tertantang akan masalah di sekitarnya, akan berusaha untuk mencarikan solusi untuk menjawab tantangan tersebut. Inilah yang perlu dikembangkan pada seseorang yang ingin menulis. Selain tertantang, hal lain yang harus ada dalam diri kita adalah rasa penasaran akan suatu hal. Ketika kita mendapatkan informasi, biasakan untuk menanggapinya dengan kata “mengapa” dan “bagaimana” itu terjadi. Langsung saja kita praktikkan pada suatu kasus ya!

Dewasa ini penyakit hipertensi merupakan penyakit yang memiliki tingkat kesembuhan yang rendah.

*mengapa tingkat kesembuhan hipertensi rendah?*

Hal tersebut terjadi karena resistensi dan non-adherensi medikamentosa pada pasien. Medikamentosa yang saat ini menjadi terapi bagi pasien tidak mampu lagi menurunkan tekanan darah pasien dalam batasan normal.

*bagaimana dampaknya ketika terjadi resistensi dan non-adherensi pada medikamentosa antihipertensi?*

Sejauh ini, pasien dengan hipertensi yang tidak terkontrol dengan obat mengalami berbagai komplikasi yang serius seperti gangguan ginjal, jantung, stroke, dan bahkan kematian. Angka mortalitas dan morbiditas pasien hipertensi selalu meningkat setiap tahunnya baik di dunia dan di Indonesia.

LALU BAGAIMANA SOLUSI YANG BISA DITAWARKAN?

Nah, pertanyaan terakhir tersebut dapat menuntun kita untuk kemudian mencari solusi terkait masalah hipertensi yang ada di masyarakat.
Maka dari itu, tanamkan terlebih dahulu rasa tertantang dan rasa penasaran yang ada dalam benak teman-teman.

Lalu, bagaimana cara saya mendapatkan pengetahuan mengenai masalah apa yang sedang marak?

Wah, pertanyaan yang bagus ! Pada poin nomor 2 saya akan membahas mengenai hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan “masalah”.

2. Rajin Mencari “Masalah”
Untuk mengetahui masalah apa yang sedang marak dibahas, maka kita perlu melakukan beberapa hal; seperti.
a) membaca berita terkini
Dengan membaca berita terkini, maka kita akan terpapar masalah apa yang sedang marak dibahas. Untuk masalah kesehatan, teman-teman bisa biasakan untuk membaca:
– www.sciencedaily.com
–  www.medicalnewstoday.com
– www.cnn.com
serta berbagai channel berita lainnya yang dapat kalian akses.
b) mengikuti seminar
Dengan mengikuti seminar, maka teman-teman bisa mengetahui masalah yang ada pada topik di seminar tersebut. Dengan demikian, kita dapat menggunakannya sebagai ide menulis kita. Misalnya, pada seminar mengenai katarak terdapat pernyataan bahwa “katarak pada pasien diabetes tidak dapat ditatalaksana operasi seperti halnya pada pasien katarak lain”. Nah, pernyataan tersebut bisa kita gunakan sebagai tantangan bagi kita untuk memberikan solusi bagi pasien katarak diabetes di luar tindakan operasi.
c) banyak berdiskusi dengan teman, kakak tingkat, atau dosen
Ketika dua atau lebih kepala bertemu, maka akan banyak pemikiran yang muncul dalam diskusinya. Kegiatan ini bisa jadi menjadi sumber ide untuk menulis.

Ketika saya menerapkan poin satu dan dua, saya mendapatkan banyak sekali ide, sehingga saya bingung ingin memilih yang mana. Bagaimana min solusinya?

Wah, memang hebat teman-teman pembaca ini!
Tips yang bisa saya berikan terkait masalah tersebut adalah.
a) mencatat ide
Ketika kita memiliki banyak sekali ide, maka catat ide tersebut dalam buku, laptop, atau di manapun yang tidak akan tercecer dan hilang. Pada akhir pencarian teman-teman terkait ide dan teman-teman sudah memutuskan untuk menulis, maka tinjau kembali ide-ide yang sudah tertulis di catatan kita. Pilah ide mana yang lebih menantang dan menarik untuk dibahas atau ide mana yang lebih urgent untuk diaplikasikan. Kalaupun nanti teman-teman sudah menyelesaikan satu tulisan, setidaknya kita masih memiliki ide-ide lain yang menunggu untuk ditulis juga. Keren kan !
b) ikut kompetisi ilmiah
Pasti teman-teman sering mendengar ada kompetisi ilmiah yang diadakan oleh teman-teman dari universitas lain di Indonesia atau bahkan konferensi internasional. Apabila teman-teman kesulitan untuk menentukan ide mana yang harus ditulis, maka kita bisa mencari informasi mengenai tema yang diangkat oleh kompetisi ilmiah atau konferensi yang terdekat. Selanjutnya, kita sesuaikan ide kita dengan tema yang diminta dan kembangkan ide menjadi sebuah karya tulis ilmiah.

Sekian dulu tulisan dari mimin mengenai bagaimana menemukan ide untuk menulis, pesan terakhir dari saya adalah “percuma teman-teman mengikuti semua poin dan tips yang mimin berikan, tanpa disertai NIAT dan MOTIVASI yang kuat”. Mimin sangat memahami bagaimana susahnya mencari ide, tapi ketika kita memiliki motivasi yang kuat untuk menulis, maka tidak ada kata susah dalam perjalanannya. Semangat teman-teman! Mimin dan teman-teman di LPP BEM IKM FKUI sangat terbuka apabila teman-teman ingin bertanya atau sekedar berbagi pengalaman mengenai mencari ide untuk menulis, karena kami, sahabat ilmiahmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *