Tips dan Trik Pencarian Literatur

Pencarian literatur merupakan hal yang penting dan pertama kali anda lakukan untuk menulis sebuah karya. Dunia maya yang sangat mudah diakses dan memberikan banyak informasi terkadang masih membuat anda sulit dalam mencari literatur yang tepat atau bahkan tidak melewatkan salah satu literatur yang bagus. Oleh karena itu, dibutuhkan pencarian literatur yang baik dan tepat. Beberapa keuntungan dari pencarian literatur yang baik adalah:

  1. Mencegah adanya duplikasi atau plagiarisme daripada karya yang telah dibuat
  2. Memperkuat latar belakang, justifikasi, dan diskusi dari studi anda dengan merumuskan informasi yang penting dari studi-studi sebelumnya
  3. Studi yang relevan akan memberikan nilai tersendiri bagi pengetahuan anda agar dapat menentukan analisis dan metodologi yang baik
  4. Dapat menentukan pertanyaan penelitian yang baik karena dapat menemukan celah atau kelemahan dari studi yang telah ada
  5. Menjadi lebih familiar dengan terminologi pada bidang yang akan dilakukan studinya lebih lanjut dengan menggunakan dan menemukan kata kunci yang sesuai.
  6. Menghemat banyak waktu dan usaha

Beberapa tips dan trik untuk pencarian literatur adalah

Menentukan kata kunci
Sangat penting untuk menentukan kata kunci. Kata kunci dapat diperoleh dengan memecah topik yang akan anda gunakan menjadi konsep utama dan definisikan kata kunci untuk setiap konsep. Kemudian buatlah daftar sinonim dan frase alternatif dari kata kunci yang telah anda tentukan. Beberapa tilik yang dapat anda gunakan untuk menentukan kata kunci adalah sebagai berikut:
• Apakah kosa kata alternatif yang digunakan pada diskusi topik saya?
• Apakah ada perbedaan pengejaan pada inggris Amerika dan British? (e.g organization atau organisation, favorable atau favourable)
• Apakah dapat digunakan trunkasi? (e.g. child$ untuk mencari children, childish, atau child)
• Apakah terdapat formula, akronim, atau singkatan yang lazim digunakan?
• Apakah terdapat kategori yang harus dieksklusikan?
• Apakah terdapat penggunaan bahasa yang lebih umum dari topik saya?
Memulai pencarian
Anda bisa memulai pencarian melalui pangkalan data akademik (academic databases). Namun karena setiap pangkalan data akademik memiliki sumber dan pemrosesan yang unik untuk memeroleh data, membatasi pencarian pada salah satu pangkalan data saja menyebabkan anda untuk melewatkan publikasi lain yang relevan. Sebagai contoh pada pangkalan data akademik Elsevier’s Science Direct hanya menyajikan jurnal yang dipublikasikan oleh Elsevier. Oleh sebab itu sebaiknya mencari terlebih dahulu menggunakan pangkalan data yang umum seperti Google Scholar, Proquest, Scopus untuk mencari artikel popular dan berkualitas baik baru dilanjutkan dengan pangkalan data beberapa penerbit seperti Elsevier’s Science Direct, Springerlink, Oxford Journal. Selain itu, pencarian menggunakan logika Boolean akan mempermudah pencarian.
Mengikuti sitasi
Setelah anda menemukan artikel yang tepat, cara yang mempermudah mencari studi lebih lanjut adalah melalui daftar referensi sitasi pada artikel tersebut (backward searching). Selain itu, perlu pula mencari artikel lain yang mensitasi artikel yang sedang anda baca (forward searching). Ha ini akan membantu anda dalam menemukan studi yang lebih baru lagi.
Catat Hasil Pencarian
Catatlah nama-nama jurnal yang telah ada telusuri pada saat pencarian. Sehingga seiring berjalannya waktu anda akan lebih mengetahui jurnal atau artikel yang penting bagi anda. Kemudian catat juga kata kunci atau kombinasi kata kunci yang menghasilkan pencarian terbaik sehingga dapat menghemat waktu dan lebih terbiasa dengan terminologi di bidang ada pada waktu yang akan datang.
Gunakan Manajer Referensi
Tentunya dengan banyaknya sudi yang anda temukan menjadikan kompilasi manual tidak menjadi pilihan yang tepat. Menggunakan Manajer Referensi seperti EndNote (berbayar) atau Zotero (gratis). Manajer referensi memungkinkan anda untuk mengunduh dan menyimpan dokumen di perpustakaan computer langsung dari situs web jurnal dengan hanya satu klik. Mereka juga akan mempermudah pengorganisasian dan kompilasi dari daftar referensi. Meskipun sedikit sulit pada awalnya namun program ini akan lebih memudahkan anda nantinya.

Referensi:
1. http://www.editage.com/insights/tips-for-effective-literature-searching-and-keeping-up-with-new-publications
2. http://www.apa.org/science/about/psa/2016/09/literature-search-tips.aspx
3. http://blog.efpsa.org/2012/04/10/tips-for-effective-literature-search/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *