Oleh: Ninya PBS Utami, Tamara Tango, Ghafur R Arifin, Nurita A Dianti, Muammar E Ananta

330px-WTG_MortonWilliam Thomas Green Morton atau yang biasa dikenal sebagai William T. Morton adalah seorang dokter gigi yang berasal Amerika yang terkenal sebagai penemu agen anastesia yang poten. Ia lahir di Charlton pada tanggal 9 Agustus 1819. Sebelum ia menempuh pendidikan kedokteran gigi, ia berupaya di dunia bisnis. William T. Morton menempuh pendidikan di sekolah kedokteran gigi pertama yang bernama Baltimore College of Dental Surgery namun ia tidak menyelesaikan pendidikan tersebut.

William T. Morton memiliki salah satu rekan kerja yang bernama Horace Wells. Pertemuan mereka bermula ketika William T. Morton memulai praktiknya di Farmington pada tahun 1842. Mereka praktik bersama di Boston namun hanya bertahan beberapa bulan saja. Dua tahun sebelumnya, Horace Wells gagal membuktikan bahwa nitrous oxide memiliki efek meredakan nyeri. Berbekal ilmu yang diberikan oleh Professor Charles Jackson tentang ketidaksadaran oleh karena menghirup eter saat ia mengenyam pendidikan di Harvard Medical School pada tahun 1844, William T. Morton melakukan penelitian tentang eter di Massachusetts General Hospital.

Pada tanggal 30 September 1846, ia menggunakan eter dalam praktik giginya dan ini merupakan momen pertama kalinya eter dibuktikan sebagai agen anesthesia yang poten. Selanjutnya, pada tanggal 16 Oktober 1846, eter telah berhasil digunakan sebagai agen anastesia poten yang digunakan dalam operasi tumor.

Morton menamakan temuannya dengan nama Letheon, yang didapatkan dari nama Sungai Lethe dari mitologi Yunani. Konon katanya, menurut orang-orang, dengan meminum air dari Sungai Lethe dapat menghapuskan ingatan-ingatan yang menyakitkan. Dengan efeknya yang ampuh dan terdengar sebagai obat yang eksotis, anastesiayang diciptakan oleh Morton sebenarnya hanya berasal dari sulfur eter.

Perangkat yang digunakan untuk memberikan anestesi tersusun dari botol kaca dengan corong kayu yang bisa dibuka dan ditutup tergantung pada tingkat kesadaran pasien. Perangkat ini merupakan hal yang penting karena penelitian-penelitian sebelumnya, termasuk yang dilakukan bersama Horace Wells, tidak dapat memastikan reversibilitas yang cepat dari keadaan anestesi dan seringkali terjadi overdosis pada pasien.

Berjaya di ruang bedah, sayangnya Morton membuat kesalahan. Dia mencoba mencegah orang lain menggunakan anestesi eternya, dan dia terlibat dalam pertarungan hukum dengan Charles T. Jackson, orang yang pertama kali menemukan sifat anestesi eter. Jackson mengklaim  Morton sebagai agennya, Morton juga mengklaim sebaliknya hingga akhirnya Morton kehilangan praktiknya dan hampir semua uangnya untuk melawan Jackson. Dan akhirnya ia harus menerima kenyataan pahit yakni kalah dalam pertempuran hukumnya. Jackson akhirnya meninggal di rumah sakit jiwa pada tanggal 15 Juli 1868, sedangkan Morton meninggal pada tahun 1868 di usia 48 karena kongesti pada otak yang kemungkinan disebabkan oleh pendarahan otak.

Jasa William T.G. Morton dalam mendemonstrasikan secara publik kegunaan ethers sebagai anastesi pada saat operasi dikenang dalam berbagai bentuk. Salah satu bentuk dalam mengenang jasa William Morton ini adalah pembangunan suatu monumen di  bagian pinggir Boston Downtown Garden di Boston. Monumen tersebut terdiri dari kolom marmer, inskripsi-inskripsi, dan sebuah patung yang menggambarkan seorang dokter berpakaian jubah moor-spanyol dan turban yang sedang menahan tubuh seorang pria pada lutut kirinya. Bentuk lain dari pengenangan Willian T.G Morton adalah dinamakannya sebuah amphitheater pada rumah sakit umum Massachusetts tempat William Morton mendemonstrasikan ether sebagai ether dome. Walaupun ruangan tersebut sudah tidak dipakai lagi untuk operasi, sekarang ether dome sudah menjadi landmark nasional dan terbuka untuk publik. Ruangan tersebut dihiasi dengan patung dewa Apollo pada tempat masuknya, dua display berisi alat operasi abad 19 pada masng-masing ujung ruangan, dan sebuah mumi mesir yang didiseksi pada awal tahun 1800an di dalam tempat kaca.

Sumber:
1.    http://www.sciencemuseum.org.uk/broughttolife/people/williammorton
2.    http://www.encyclopedia.com/people/medicine/medicine-biographies/william-thomas-green-morton
3.    http://www.pbs.org/newshour/rundown/the-painful-story-behind-modern-anesthesia/
4.    http://www.faqs.org/health/bios/65/William-Thomas-Green-Morton.html

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *