Potensi Suplementasi Vitamin D Sebagai Profilaksis Transmisi Vertikal HIV Pada Kehamilan

oleh Hasna Afifah (hasna_fkui@yahoo.com), Anggi PN Pohan (anggi_pohan@yahoo.com), Fitriana Nur Rahmawati (fitriananr@hotmail.com) – 2010

Bayi yang dikandung ibu hamil terinfeksi HIV berisiko untuk mendapatkan infeksi melalui plasenta. Dewasa ini, penggunaan Anti-Retroviral Therapy (ART) tertentu pada saat kehamilan dapat menurunkan risiko transmisi vertikal. Namun penggunaan ART juga meningkatkan risiko terjadinya defisiensi vitamin D pada ibu hamil karena terdapat beberapa interaksi obat. Selain itu, resistansi ART yang masih tinggi di Indonesia memerlukan strategi baru untuk membantu menurunkan risiko mother to children transmission (MTCT) dan komplikasi pada ibu hamil serta janinnya. Vitamin D yang sudah dikenal ini ternyata memiliki peran imunomodulasi sehingga memiliki potensi menjadi profilaksis bersama ART. Studi yang mengaitkan pengaruh pemberian vitamin D untuk mengurangi risiko transmisi dan komplikasi pada ibu dan janin belum banyak dilakukan dan perlu ditelaah lebih lanjut. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah telaah literatur yang membandingkan studi preklinik dan klinik antara tahun 2004-2011.

Cathelicidin dapat menginduksi autofagi sebagai respon dari VDR (Vitamin D Receptor). Autofagi berpotensi mengeradikasi HIV dan membangkitkan aktivitas anti-HIV pada plasenta sehingga menurunkan risiko terjadinya transmisi vertikal. Telaah ini menunjukkan dosis potensial yang dapat digunakan sebagai profilaksis transmisi vertikal HIV pada kehamilan.

Kesimpulan dari karya tulis ini adalah bahwa (1) metabolit vitamin D dapat menginduksi autofagi terhadap HIV-1 yang dimediasi VDR, (2) dosis ≥ 2000–4000 IU dapat digunakan sebagai dosis untuk profilaksis infeksi HIV ke janin (tergantung status vitamin D serum dan faktor risiko defisiensi). Penulis berharap vitamin D dapat diterapkan sebagai profilaksis dan dasar imunoterapi khususnya untuk kasus resistansi HIV terhadap ART yang tersedia di Indonesia.

Kata kunci: AutofagiCathelicidin, HIV, MTCT, Vitamin D

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *